Diego Maradona Kena Serangan Jantung, Ini Tanda-tandanya.

28/11/2020

Serangan jantung terjadi ketika aliran darah ke jantung tersumbat. Penyumbatan paling sering adalah penumpukan lemak, kolesterol dan zat lainnya, yang membentuk plak di arteri yang memberi makan jantung (arteri koroner).

Terkadang, plak bisa pecah dan membentuk gumpalan yang menghalangi aliran darah. Aliran darah yang terputus dapat merusak atau menghancurkan sebagian dari otot jantung.

Serangan jantung, juga disebut infark miokard, bisa berakibat fatal, tetapi pengobatan telah meningkat secara dramatis selama bertahun-tahun.

Jangan menunggu untuk mendapatkan bantuan jika Anda mengalami salah satu dari tanda peringatan serangan jantung berikut. Beberapa serangan jantung terjadi secara tiba-tiba dan intens. Tetapi kebanyakan mulai perlahan, dengan rasa sakit atau ketidaknyamanan ringan. Perhatikan tubuh Anda dan hubungi 118 jika Anda mengalami:

Ketidaknyamanan dada. Kebanyakan serangan jantung melibatkan ketidaknyamanan di bagian tengah dada yang berlangsung lebih dari beberapa menit atau mungkin hilang dan kemudian kembali lagi. Ini bisa terasa seperti tekanan tidak nyaman, ditekan, perasaan penuh atau nyeri.

Ketidaknyamanan di area lain di tubuh bagian atas. Gejala dapat berupa nyeri atau ketidaknyamanan pada satu atau kedua lengan, punggung, leher, rahang, atau perut.

Sesak napas. Ini dapat terjadi dengan atau tanpa ketidaknyamanan dada.

Tanda lainnya. Tanda-tanda lain yang mungkin termasuk keluar keringat dingin, mual atau pusing.

Pelajari tanda-tanda serangan jantung, dan ingat: Meskipun Anda tidak yakin itu serangan jantung, periksalah. Setiap menit sangat penting. Tindakan cepat dapat menyelamatkan nyawa – mungkin nyawa Anda sendiri.

Referensi
American heart Association 2020. What is Heart Attack
Mayoclinic 2020. Heart Attack Sign and Symptom