[DISINFORMASI] Cara Menghilangkan Formalin dalam Makanan

23/11/2020

Penjelasan :

Beredar di media sosial, informasi mengenai cara menghilangkan formalin dalam makanan seperti ikan asin, tahu, mie basah, dan ikan segar. Dalam informasi yang beredar itu menyebutkan bahwa kandungan formalin pada makanan tersebut dapat dihilangkan dengan cara direbus, direndam dengan air panas atau cuka, tergantung dari jenis makanannya.

Faktanya dilansir dari merdeka.com, menurut Kepala Bidang Serlik BBPOM di Jakarta, Ibu Yayan Cahyani, SSi, Apt, ketika menemukan bahan makanan yang sudah tercampur dengan bahan makanan berbahaya seperti formalin, sebaiknya tidak dikonsumsi lagi. Selain itu, menurut ahli pangan dari Universitas Sahid Jakarta, Prof dr Hardinsyah, MS, cara seperti yang disebutkan di atas tidak dapat menghilangkan kadar formalin, melainkan hanya dapat mengurangi. Oleh karena itu, sebaiknya masyarakat tetap harus memperhatikan keamanan pangan yang dikonsumsi. Meskipun kadar formalin yang ada di makanan hanya sedikit, dampaknya bisa menjadi buruk ketika kebiasaan ini berlangsung dalam jangka panjang.

KATEGORI: DISINFORMASI

Link Counter:

https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-tidak-benar-informasi-cara-menghilangkan-formalin-dalam-makanan.html

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4052254/beredar-broadcast-cara-hilangkan-formalin-pada-makanan-benarkah-efektif