[DISINFORMASI] Covid-19 Diciptakan Agar Manusia Divaksinasi

16/03/2021

Penjelasan :

Beredar sebuah unggahan di media sosial yang menyebutkan bahwa vaksin sebetulnya tidak dibuat untuk Covid-19, melainkan Covid-19 yang dibuat atau diciptakan agar masyarakat divaksinasi. Sebuah postingan Facebook bahkan menyebut vaksin sebagai racun yang telah dipersiapkan sebelumnya.

Faktanya, klaim dalam unggahan tersebut adalah informasi yang keliru. Dilansir dari reuters.com, banyak Negara yang telah membuktikan secara independen bahwa SARS-CoV-2 benar adanya. Sebagaimana diketahui, wabah Covid-19 diawali dengan temuan sekumpulan kasus pneumonia yang tidak diketahui asalnya di Wuhan, Tiongkok, yang dilaporkan kepada WHO oleh otoritas Tiongkok pada 31 Desember 2019. Sejauh ini, terdapat 114 juta kasus Covid-19 yang dikonfirmasi telah menyebabkan lebih dari 2,5 juta kematian di seluruh dunia. Selanjutnya, vaksin dirancang dengan membuat protein virus Covid-19 berdasarkan urutan genetik untuk memberikan kekebalan terhadap virus tersebut.

KATEGORI: DISINFORMASI

Link Counter:

https://www.reuters.com/article/uk-factcheck-virus-vaccination/fact-check-sars-cov-2-was-not-created-so-the-population-would-be-vaccinated-idUSKCN2AV2GT