[DISINFORMASI] Foto “Pemerintah sudah launching 2 mobil esemka terbaru series J-Owi warna hitam elegan”

15/12/2020

Penjelasan :

Beredar di sosial media Facebook sebuah foto mobil yang diklaim sebagai mobil esemka series terbaru. Narasi pada foto tersebut adalah “Woooowwwwwww di rezim kali ini, pemerintah sudah launching 2 mobil esemka terbaru. Kalau ini series J-Owi loh dengan dengan warna hitam elegan cocok untuk disumbangkan kalau kita terkena kasus korupsi.”

Dikutip dari akun Facebook Forum Anti Fitnah, Hasut dan Hoax yang dikelola oleh mafindo, mobil tersebut bukan produk Esemka. Mobil di foto itu adalah mobil Bugatti La Voiture Noire. Foto yang diunggah oleh sumber klaim telah diedit dengan menambahkan logo Esemka. Foto yang identik, diunggah pada artikel berjudul “Bugatti La Voiture Noire revealed as most expensive new car of all time” yang dimuat di situs autocar.co.uk pada 6 Maret 2019. Di foto itu, pada bagian depan mobil terdapat lambang Bugatti, bukan logo Esemka seperti yang ada di foto yang diunggah oleh sumber klaim.

KATEGORI: DISINFORMASI

Link Counter:

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/1369630943369437/

https://www.autocar.co.uk/car-news/motor-shows-geneva-motor-show/bugatti-la-voiture-noire-revealed-most-expensive-new-car-all