[DISINFORMASI] Jokowi Tak Menjamin Kebebasan Warga setelah Berbicara

19/02/2021

Penjelasan :

Beredar di media sosial Facebook sebuah tangkapan layar pernyataan Presiden Joko Widodo “Saya menjamin kebebasan anda berbicara, tapi saya tidak menjamin kebebasan setelah berbicara”. Pernyataan tersebut mencatut sebuah artikel berjudul “Jokowi Minta Masyarakat Lebih Aktif Mengkritik dan Memberi Masukan”, yang dimuat di situs Tempo.co.

Dilansir dari Medcom.id, klaim pernyataan Presiden Jokowi tidak menjamin kebebasan setelah berbicara adalah salah. Faktanya, pernyataan tersebut merupakan hasil suntingan dan fiktif. Adapun dalam artikel aslinya tidak ada pernyataan Presiden Jokowi yang menyebut tidak menjamin kebebasan warga setelah berbicara. Dalam artikel tersebut, Presiden Jokowi meminta masyarakat untuk lebih aktif dalam memberi masukan dan kritik pada pemerintah. Sebab hal tersebut merupakan bagian dari proses untuk mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik.

KATEGORI: DISINFORMASI

Link Counter:-https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/zNA3J72k-cek-fakta-jokowi-tak-menjamin-kebebasan-warga-setelah-berbicara-ini-faktanya?