[DISINFORMASI] Pemakaian Masker pada Anak Akibatkan Gangguan Fisik dan Psikologis

16/02/2021

Penjelasan :

Beredar sebuah unggahan yang menyebut penggunaan masker pada anak berbahaya karena bisa menyebabkan kekurangan oksigen dan stres secara psikologi.

Faktanya klaim tersebut adalah keliru. Dilansir dari kumparan.com yang merujuk pada AFP, Ketua Divisi Penyakit Menular di RS Anak Johns Hopkins AS, Allison Messina menyebut masker tidak menyebabkan kekurangan oksigen pada anak diatas usia dua tahun. Sementara itu, dokter sekaligus anggota Asosiasi Pneumologi dan Pengobatan Respiratory Jerman, Philipp Lepper menegaskan masker  tidak berpengaruh pada kadar oksigen dan karbon dioksida yang diukur dalam tubuh. Terkait dengan masker bisa menyebabkan gangguan psikologi seperti kecemasan dan stres, dibantah oleh Direktur Psikologi dan Neuropsikologi di RS Anak Johns Hopkins, Jennifer Katzenstein. Jennifer menjelaskan bahwa masker tidak mencegah anak-anak untuk berkomunikasi secara memadai dengan orang lain, karena mata dan ekspresi wajah masih bisa tersampaikan. Justru, tambah Katzenstein, yang membuat stres dan memicu kecemasan adalah informasi yang salah.

KATEGORI: DISINFORMASI

Link Counter:

https://kumparan.com/kumparannews/hoaxbuster-pemakaian-masker-pada-anak-akibatkan-gangguan-fisik-dan-psikologis-1v81Sjg5LLR