[HOAKS] Akun Facebook Palsu Mengatasnamakan BPJS Kesehatan

08/03/2021

Penjelasan :

Beredar sebuah akun Facebook palsu yang mencatut nama BPJS Kesehatan. Dalam unggahannya, akun tersebut menyebut BPJS Kesehatan memberikan bantuan sebesar Rp 50 juta kepada semua TKW (Tenaga Kerja Wanita) yang ada di luar negeri. Akun itu turut menyertakan nomor kontak WhatsApp yang dapat dihubungi terkait informasi pengambilan dana bantuan tersebut.

Faktanya, Kepala Humas BPJS Kesehatan, M. Iqbal Anas Ma’ruf memastikan akun tersebut bukan milik BPJS Kesehatan. Iqbal menyebut media sosial resmi BPJS Kesehatan sudah terverifikasi. Semua informasi tentang BPJS Kesehatan bisa dilihat melalui situs www.bpjs-kesehatan.go.id. Adapun akun media sosial resmi milik BPJS Kesehatan adalah @BPJSKesehatanRI untuk di Facebook dan @bpjskesehatan_ri di Instagram. Ia juga memastikan BPJS Kesehatan tidak memberikan bantuan finansial dalam bentuk apapun dan menyebut informasi tersebut hoaks. Terkait informasi adanya bantuan dari BPJS ini, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kantor Cabang Kediri, Jawa Timur, juga pernah mengimbau warga untuk mewaspadai penipuan yang menggunakan nama BPJS Kesehatan dengan modus pemberian bantuan dana dari BPJS pusat.

KATEGORI: HOAKS

Link Counter:

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4492999/cek-fakta-hoaks-akun-facebook-bpjs-kesehatan-beri-bantuan-tkw-rp-50-juta

https://surabaya.liputan6.com/read/4490908/penipuan-berkedok-dana-bantuan-bpjs-warga-kediri-diminta-waspada