[HOAKS] Keluarga Tunanetra Tak Dapat Beras karena Kartu Keluarga Sejahtera Diblokir

26/02/2021

Penjelasan :

Beredar di media sosial Facebook sebuah foto yang memperlihatkan seorang tunanetra di Kabupaten Probolinggo tak bisa mengambil beras karena kartu keluarga sejahtera diblokir.

Faktanya, Dilansir dari Kompas.com, Kepala Diskominfo, Statistik, dan Persandian Kabupaten Probolinggo, Yulius Christian menyatakan, unggahan yang menyebutkan KKS milik Sono diblokir adalah hoaks.  Dari hasil klarifikasi tersebut didapatkan bahwa Sono masih menerima BPNT (bantuan pangan nontunai) dan tidak ada pemblokiran KKS yang dimilikinya. Hanya saja saat akan mengecek dan ingin mencairkan hak yang harusnya diterima masih belum masuk ke rekeningnya. Yulius mengatakan, Wakil Bupati Probolinggo, Timbul Prihanjoko mendatangi langsung kediaman Sono untuk menanyakan kebenaran dari unggahan yang viral di media sosial tersebut.  Diperoleh keterangan bahwa saat itu Sono yang hendak mengambil beras mengecek rekeningnya. Ternyata, bantuannya belum masuk. Sono pun menyebut kartu keluarga sejahtera miliknya diblokir. Suyit, pemilik akun Facebook Sinartik MySuyit, yang mendengar hal itu langsung mengunggahnya di media sosial. Kepala Desa Sumberduren, Saniman, mengimbau masyarakat lebih berhati-hati dalam mengunggah informasi yang belum terkonfirmasi ke media sosial.

KATEGORI: HOAKS

Link Counter :-https://regional.kompas.com/read/2021/02/18/06000021/viral-foto-tunanetra-tak-dapat-beras-karena-kartu-keluarga-sejahtera?page=2https://ikilhojatim.com/viral-bantuan-bpnt-diblokir-wabup-probolinggo-langsung-kroscek-ke-warga/https://nusantara.rmol.id/read/2021/02/17/475500/sambangi-keluarga-tunanetra-wagub-probolinggo-pastikan-kartu-kks-masih-aktif