[SALAH] Gelang Power Balance Dapat Menyembuhkan Corona

25/01/2021

Hasil periksa fakta Aisyah Adilah (Anggota Komisariat MAFINDO Institut Ilmu Sosial Ilmu Politik Jakarta)

Klaim tersebut salah, faktanya tidak ada bukti ilmiah soal kemanfaatan gelang tersebut.

= = = = =

[KATEGORI]: SATIRE

= = = = =

[SUMBER]: TWITTER
https://archive.vn/uFh7L

= = = = =

[NARASI]:
Only these bands will save us from Corona Virus

Artinya:
Hanya gelang ini yang bisa menyembuhkan kita dari Virus Corona

= = = = =

[PENJELASAN]:

Sebuah akun Twitter bernama @Ammarah_07 mengunggah foto gelang Power Balance dengan menambahkan keterangan bahwa hanya gelang itu lah yang dapat menyelamatkan kita dari Virus Corona.

Setelah ditelusuri, Kepala penelitian dari Universitas Wisconsin-Lacrosse itu adalah John Porcari. Ia adalah professor bidang ilmu keolahragaan yang telah berpengalaman meneliti alat-alat olahraga. “Tidak ada sesuatu apapun di dalamnya. Semua itu ada di dalam pikiran pemakainya. Bila ia merasa performanya meningkat dengan menggunakan Power Balance, maka hal itu terjadi. Benda ini mempengaruhi pola pikir saja,” kata Porcari.

Badan Pengawas Konsumen Australia (ACCC/Australian Competition and Consumer Commission) mengatakan manfaat gelang Power Balance palsu. ACCC memerintahkan Power Balance Australia untuk menarik seluruh gelang yang sudah terjual di konsumen karena telah disesatkan manfaatnya. Kebijakan dari Australia ini akhirnya berdampak ke seluruh Power Balance dunia termasuk di Indonesia. Power Balance akhirnya mengakui bahwa tidak ada dasar ilmiah yang kredibel untuk menguatkan klaim manfaat tersebut.

Dikutip dari BBC, Seorang juru bicara Power Balance di Inggris menekankan bahwa perusahaan itu tidak mengklaim ada bukti ilmiah di balik produk tersebut. Dalam sebuah pernyataan, firma tersebut mengatakan: “Sejak awal, Power Balance telah hidup dan berkembang di lingkungan pengujian terakhir, dunia nyata. Kami terus melihat, mendengar, dan belajar tentang bagaimana orang percaya bahwa produk kami telah mempengaruhi kehidupan mereka secara positif.”

Sehingga, klaim mengenai gelang Power Balance yang dapat menyembuhkan Corona termasuk hoaks dengan kategori satire.

= = = = =

[REFERENSI]:

https://www.bbc.com/news/magazine-12135402

https://www.mainbasket.com/r/1603/fenomena-power-balance-ketenaran-sampai-kejatuhannya

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-1794542/januari-geger-manfaat-palsu-gelang-power-balance