[SALAH] Obat Klorin Dioksida Temuan Prof Dr Richard Claproth Dapat Menyembuhkan Covid-19

 11/02/2021

Hasil Periksa Fakta Natalia Kristian (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Indonesia).

Informasi yang salah. Obat yang diklaim tersebut adalah klorin dioksida yang digunakan untuk produk pembersih atau disinfektan sehingga berbahaya jika dikonsumsi.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan/Misleading Content

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.vn/Yy8xl
https://archive.vn/MM8lm

= = = = =

NARASI:

“INDONESIAONLINE – Viral, masyarakat Malang Raya membuat testimoni sembuh dari Covid-19 dengan mengonsumsi obat khlorin dioksida temuan Prof Dr Richard Claproth. Video testimoni-testimoni tersebut tersebar di media chatting whatsapp. Sederet tokoh publik bahkan juga ikit memberikan keterangan akan keampuhan dari obat ini. Seperti, Anggota Komisi 4 DPRD Kabupaten Malang Achmad Andi, yang mengakui hasil konsumsi obat tersebut cepat menyembuhkan kolega di pemerintahan dan warga Kabupaten Malang dari Covid-19….
https://indonesiaonline.co.id/…/viral-warga-asal-malang-se…/”

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar sebuah postingan dari akun Facebook Berita Indonesia Online VIRAL memposting sebuah link website dengan judul “Viral, Warga Asal Malang Sebut Sembuh Dari Covid-19 Pasca Konsumsi Obat Dr Richard Claproth”, pada artikel tersebut berisikan testimoni dari warga Malang yang sembuh dari Covid-19 setelah menggunakan obat klorin dioksida yang merupakan temuan Prof Dr Richard Claproth. Postingan tersebut diposting pada 1 Februari 2021.

Berdasarkan dari artikel fda.gov, produk dari klorin dioksida tidak terbukti aman dan efektif untuk penggunaan medis termasuk untuk menangani Covid-19. Pada artikel tersebut dijabarkan efek berbahaya jika meminum klorin dioksida seperti kegagalan sistem pernapasan yang diakibatkan oleh berkurangnya oksigen yang memasuki aliran darah, menyebabkan ritme detak jantung yang abnormal, gagal hati akut, diare, muntah-muntah, tekanan darah rendah yang diakibatkan oleh dehidrasi, hingga menyebabkan rendahnya jumlah sel darah diakibatkan oleh tingkat kecepatan hancurnya sel darah lebih cepat daripada kemampuan tubuh untuk membuat sel darah baru (hemolytic anemia). Klorin dioksida biasanya digunakan untuk produk pembersih atau disinfektan dan pemutih.

Melihat dari penjelasan tersebut, klaim klorin dioksida dapat menyembuhkan Covid-19 adalah tidak benar sehingga termasuk dalam kategori Konten yang Menyesatkan/Misleading Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4472846/cek-fakta-tidak-benar-obat-klorin-dioksida-bisa-sembuhkan-covid-19

https://www.merdeka.com/properti/cek-fakta-hoaks-obat-klorin-dioksida-bisa-sembuhkan-covid-19.html

https://www.who.int/indonesia/news/novel-coronavirus/mythbusters

https://www.fda.gov/news-events/press-announcements/coronavirus-covid-19-update-fda-warns-seller-marketing-dangerous-chlorine-dioxide-products-claim

https://oatext.com/chemical-pneumonitis-secondary-to-chlorine-dioxide-consumption-in-a-patient-with-severe-covid-19.php

https://www.paho.org/en/news/5-8-2020-paho-warns-against-use-chlorine-products-treatments-covid-19

Penulis: Natalia Kristian
Editor: Bentang Febrylian